sosok-pelatih-ideal-kemauan-suporter-psm

Sosok pelatih ideal kemauan suporter PSM

  1. Homepage
  2. Berita
  3. Liga Indonesia
  4. Sosok pelatih ideal kemauan suporter PSM

PSM Makassar baru saja mengumumkan dengan merilis delapan pemain anyar untuk menambah kekuatan tim Juku Eja menghadapi Piala Indonesia, Piala AFC, dan Liga 1. Mereka adalah Beny Wahyudi, Harry Prasetyo, Munhar, Bayu Gatra (eks Madura United) dan Taufik Hidayat, Yandi Sofyan (Bali United). Dan dua pemain asing, Eero Markkanen (Finlandia) dan Aaron Evans (Australia).

Namun, pada latihan perdana Selasa sore (15/1) sore, PSM belum didampingi pelatih kepala pengganti Robert Alberts yang mundur karena alasan kesehatan.

Untuk sementara itu, yang melatih PSM ditangani oleh trio pelatih Imran Amirullah, Bahar Muharram, dan Syamsuddin Batola plus Herman Kadiaman (pelatih kiper).

CEO PSM Makassar yaitu Munafri Arifuddin, telah berjanji segera memilih pelatih dengan jangka waktu paling lambat pada pekan depan.

Beberapa nama sudah sudah didapat oleh manajemen. Di antaranya, Marian Mihail (eks Direktur Teknis Timnas Rumania), Alfred Riedl (eks pelatih Timnas Indonesia), Mario Gomez (eks Persib Bandung), dan Julio Cesar Moreno (eks pelatih Timnas Hong Kong/Direktur Teknis Timnas Thailand).

Dari kalangan suporter, pada Selasa (15/1/2019), berharap terhadap kualitas pelatih yang baru dengan minimal menyamai Robert. Seperti dikatakan Andi Coklat, pentolan suporter PSM.

“Pelatih baru PSM harus memenuhi tiga kriteria yakni berkelas, berwibawa dihadapan pemain dan punya visi,” ungkap Coklat. Berdasarkan kriteria itu, Coklat lebih memilih PSM dinahkodai oleh pelatih asing.

“Sebenarnya ada sosok pelatih lokal yang pantas menangani PSM, yakni Syamsuddin Umar. Tapi, coach Syam terkendala lisensi sebagai persyataran,” lanjut Coklat.

Selain dari memenuhi kriteria di atas, pelatih anyar PSM juga harus bisa menyelaraskan programnya dengan pelatih terdahulu. “Karena semua pemain yang ada saat ini berdasarkan rekomendasi Robert. Aasisten yang dipertahankan PSM juga pembantu Robert musim lalu,” tuturnya.

Sementara itu, Sadat RG yang merupakan Sekjen Red Gank dari kelompok suporter PSM, berharap kepada manajemen dengan waktu cepat dapat menentukan pelatih yang akan direkrut. “Karena persiapan tim harus lebik baik dari musim lalu. Apalagi tahun ini PSM menghadapi tiga event sekaligus,” tegas Sadat.

Seperti Coklat, Sadat telah sepakat jika pelatih dari PSM sebaiknya berasal dari luar Indonesia. “Rata-rata pelatih asing lebih disiplin. Pemain pun lebih segan,” katanya.

Harapan serupa diungkap Daeng Uki, jendral lapangan Laskar Ayam Jantan. Menurut Daeng Uki, yang selalu mendukung langsung PSM di laga kandang dan tandang ini, pelatih baru PSM nanti harus memiliki komitmen yang jelas dan memiliki standar kepelatihan yang tinggi.

“Saya berharap semua elemen di PSM bisa memberikan yang terbaik buat tim. Kami sudah lama mememdam kerinduan melihat PSM meraih trofi juara Liga 1,” pungkas Daeng Uki mengakhiri pembicaraan.