lokasi-kongres-pssi-tidak-jelas

Lokasi Kongres PSSI tidak jelas

  1. Homepage
  2. Berita
  3. Liga Indonesia
  4. Lokasi Kongres PSSI tidak jelas

Kongres PSSI yang telah berencana digelar pada 20 Januari 2019. Tetapi, hingga saat ini lokasi yang akan digelar kongres itu masih belum pasti akan berada dimana tempatnya. Sebenarnya, acara mulanya akan digelar di Bali, namun ada kemungkinan berpindah ke Medan.

Pernyataan dari Ketua Umum PSSI yaitu Edy Rahmayadi, yang ingin kongres digelar di Medan pada saat pertemuan darurat Exco PSSI di Hotel Sultan, Jakarta, Kamis (3/1/2019), membuat pembahasan terkait lokasi Kongres PSSI kembali membingungkan. Agenda yang akan dibahas nantinya adalah evaluasi event-event sepanjang tahun lalu. Dan ada pula pembahasan untuk mengejar event yang akan datang termasuk siapa yang akan membiayai dan besaran anggarannya.

Dari pernyataan tersebut membuat tidak konsisten dari rencana awal lokasi Kongres PSSI, yang direncanakan digelar di Bali. Penetapan dari lokasi itu pada prosesnya bisa berubah setelah Edy Rahmayadi menyebut bahwa Kota Medan bisa menjadi kemungkinan lokasi kongres.

Menanggapi wacana perubahan lokasi, Sekjen PSSI yaitu Ratu Tisha, menyatakan bahwa dalam beberapa hari ke depan sudah ada keputusan terkait lokasi yang akan digelar untuk Kongres. Dia menyebut saat ini PSSI sedang membahasnya.

“Masih dalam pembahasan. Nanti kami akan putuskan pada Senin (7/1/2019),” ujar Ratu Tisha saat ditemui di Gedung Ombudsman RI setelah memenuhi panggilan Satgas Anti-Mafia Bola, pada Jumat (4/1/2019).

“Kemarin, di rapat exco ada dua sisi atau kajian terkait lokasi. Akan segera diumumkan Senin (7/1),” Tisha menambahkan.

Padahal, jika merujuk Pasal 29 ayat 2 statuta PSSI, disebutkan jika “Komite Eksekutif menentukan tempat dan tanggal Kongres. Para anggota akan diberitahukan mengenai hal tersebut secara tertulis dalam waktu selambat-lambatnya 8 minggu sebelumnya.”

Jika mengacu pada jadwal awal, itu berarti pelaksanaan Kongres PSSI hanya tinggal menyisakan 16 hari lagi. Namun, lokasi dari pelaksanaan kongres pada tahun ini PSSI masih belum benar-benar bisa dipastikan lokasinya, apakah tetap di Bali sesuai rencana diawal atau harus pindah ke Medan mengikuti arahan dari sang ketua umum.