Tanggal Jam Pertandingan
Rabu, 17 April 2019 01:45 Brighton & Hove Albion vs Cardiff City
Kamis, 18 April 2019 00:00 Nantes vs Paris Saint-Germain
Kamis, 18 April 2019 00:00 Lazio vs Udinese

Laporan penilaian dari Jose Mourinho berhubungan dengan klub sepakbola Barcelona pada beberapa tahun yang lalu bocor ke publik. Dalam masa pertama dirinya menjabat sebagai pelatih Chelsea di tahun 2004-2007 yang lalu, Mourinho ternyata pernah menilai skuat Barca secara keseluruhan.

Dan pada waktu itu, Chelsea dijadwalkan akan berhadapan dengan skuad Barca di 16 besar Liga Champions 2005/06. Seperti biasanya, pelatih satu tim selalu berupaya untuk membaca kekuatan tim lawan dan waspadai ancaman pemain-pemain papan atas mereka.

Persiapan kali ini dikenal dengan istilah scouting, alias penilaian kemampuan dari setiap individu. Mourinho pernah menjalankan ini dalam klub Barca pada era itu, dan dirinya telah melihat bakat istimewa Lionel Messi.

The Blues akhirnya takluk dengan skor akhir 2-3 dari Barcelona, yang berarti pengintaian yang dijalankan oleh Mourinho tak benar-benar bekerja dengan baik. Namun tetap saja penilaian dari Mourinho patut diperhatikan.

Berhubungan dengan kemampuan Ronaldinho, Jose Mourinho menuliskan: “Sangat buruk untuk transisi defensif dan kemampuan defensif – dapat dieksploitasi. Selalu bermain curang – mudah terjatuh.”

Dirinya juga deskripsikan Carles Puyol begini: “Agresif namun sangat emosional. Lepas kontrol pada waktu wasit abaikan pelanggaran dalam dirinya dan mudah marah pada saat diprovokasi. Bek agresif, antisipasi dengan tubuhnya. Pemahaman posisi yang buruk dan kepemimpinan pertahanan yang buruk [ingin menjalankan jebakan offside pada saat tak mungkin.”

Hal yang sama juga Mourinho lakukan kepada performa dari Lionel Messi dan Iniesta. Waktu itu Messi masih sangat muda namun sudah sangat berbahaya. Mourinho juga waspadai kemampuan Iniesta,

Berhubungan dengan Messi, Mourinho berkata: “Berkualitas dan punya kecepatan baik namun sangat mengandalkan kaki kiri. Mempunyai sikap yang sama persis dengan Ronaldinho. Bermain di lini dalam atau diagonal. Mendorong semangat klub dengan menggiring bola. Hebat dalam 1 vs 1.”

Dan untuk Iniesta: “Selalu datang dari bangku cadangan. Pemain yang benar-benar dinamis. Mempunyai radius aksi yang hebat. Memiliki kecepatan pada waktu bergerak dan menjalankan eksekusi. Pemain yang penuh trik,” tuntas Jose Mourinho.

April 19, 2019
Gelandang senior dari klub Liverpool James Milner ungkapkan jika pengalaman bermain...
April 19, 2019
Pemain Marc-Andre Ter Stegen ikut bersimpati dengan blunder yang dijalankan oleh...
April 19, 2019
Wakil kapten dari klub sepakbola Liverpool James Milner ungkapkan jika skuadnya akan...
April 19, 2019
Perjalanan dari klub Manchester City di Liga Champions harus terhenti dalam babak...
April 19, 2019
Eks gelandang dari klub sepakbola Liverpool Marcos Alonso memberi dukungan kepada...
April 18, 2019
Cerita dari kegagalan dari klub sepakbola Juventus lanjutkan jalannya di Liga...
Tanggal Jam Liga Pertandingan Stasiun TV
Kamis, 11 April 2019 00:00 Serie A Lazio vs Udinese
Sabtu, 13 April 2019 00:30 SUPER LIGA Bursaspor vs Trabzonspor
Sabtu, 13 April 2019 01:00 Eredivisie NAC Breda vs Emmen