Tanggal Jam Pertandingan
Rabu, 17 April 2019 01:45 Brighton & Hove Albion vs Cardiff City
Kamis, 18 April 2019 00:00 Nantes vs Paris Saint-Germain
Kamis, 18 April 2019 00:00 Lazio vs Udinese

Komite Eksekutif PSSI (Exco) PSSI kini telah merevisi sejumlah keputusan Komisi Disiplin (Komdis). Keputusan ini dilakukan sesuai amanah kongres PSSI pada 20 Januari 2019 di Bali lalu, tentang kewenangan yang diberikan kepada Exco untuk melakukan peninjauan ulang terhadap keputusan badan yudisial itu. Persib Bandung diuntungkan karena hal ini.

Ada 3 buah Surat Keputusan PSSI ditandatangani. Satu SK fokus terhadap pelanggaran disiplin yang ditimbulkan oleh perilaku supporter yang mengakibatkan klub dijatuhi denda.

PSSI memutuskan untuk mengembalikan sebagian nilai denda kepada klub untuk sebagai dukungan finansial dalam program edukasi suporter yang harus dilakukan di klub. Keputusan dalam program ini melibatkan semua klub peserta di Kompetisi Liga 1 musim 2018.

Selain itu, Exco PSSI juga merevisi terhadap keputusan komdis yang menjatuhkan sanksi kepada dua orang suporter Arema yakni Yully Sumpil dan juga Fanny. Kedua pentolan Aremania itu sebelumnya dilarang untuk memasuki stadion manapun. Langkah yang sama dilakukan kepada suporter Persib Bandung yang dilarang ke stadion menggunakan atribut.

Menurut Exco PSSI, kedua hukuman ini tidak dapat dijalankan mengingat implentasi keputusan komdis, yang tidak dapat dijalankan karena kondisi terkini infrastruktur kompetisi.

Terkait jenis keputusan komdis yang dinilai tidak bisa dijalankan adalah, larangan terhadap (individu) untuk memasuki stadion dan juga larangan untuk penonton yang masuk atau yang ingin menonton pertandingan di dalam stadion tanpa menggunakan atribut klub kesayangannya, termasuk juga nyanyian, koreografi dan semua hal yang terafiliasi dengan klub.

Dua hal ini, PSSI menilai dalam implementasinya tidak hanya mengalami kendala tetapi nantinya akan berpotensi menimbulkan masalah yang baru, pelanggaran disiplin.

“Keputusan ini, diambil setelah dilalukan telaah panjang dan hati hati. Dengan tujuan yang terukur, yaitu perbaikan kualitas penyelenggaraan pertandingan, dibarengi upaya edukasi supporter oleh Klub”, ujar Sekjen PSSI yaitu Ratu Tisha.

PSSI hingga saat ini masih terus melanjutkan kajian, evaluasi terhadap semua keputusan dari komdis yang lainnya. Termasuk juga yang berhubungan dengan kompetisi di kasta kedua sepakbola Indonesia.

May 26, 2019
Klub sepakbola Juventus dipastikan tak akan dibela oleh pemain Cristiano Ronaldo...
May 26, 2019
Lionel Messi masih sulit untuk lupakan kekalahan yang mengecewakan dari klubnya,...
May 26, 2019
Penjaga gawang dari klub Liverpool, Alisson Becker ungkapkan benar-benar antusias...
May 26, 2019
Pemain belakang dari klub sepakbola Tottenham, Davinson Sanchez, memiliki cara...
May 26, 2019
Telah jadi rahasia umum jika pelatih Unai Emery tak akan puas dengan lini belakang...
May 24, 2019
Eks pelatih dari klub Manchester United, Jose Mourinho memiliki satu pesan khusus...
Tanggal Jam Liga Pertandingan Stasiun TV
Kamis, 11 April 2019 00:00 Serie A Lazio vs Udinese
Sabtu, 13 April 2019 00:30 SUPER LIGA Bursaspor vs Trabzonspor
Sabtu, 13 April 2019 01:00 Eredivisie NAC Breda vs Emmen