data-jahongir-abdumuminov-pengganti-rohit-chand-di-persija

Data Jahongir Abdumuminov, pengganti Rohit Chand di Persija

  1. Homepage
  2. Berita
  3. Liga Indonesia
  4. Data Jahongir Abdumuminov, pengganti Rohit Chand di Persija
data-jahongir-abdumuminov-pengganti-rohit-chand-di-persija

Persija Jakarta resmi dengan mengumumkan pemain rekrutan anyar yaitu Jahongir Abdumuminov, pada Jumat (11/1/2019). Pemain yang berposisi sebagai gelandang yang berasal dari Uzbekistan itu diproyeksikan untuk mengisi peran dari Rohit Chand.

Rohit pun belum memberikan kepastian apakah akan bergabung kembali bersama Persija, sementara itu kontraknya akan habis pada 31 Desember 2018. Manajemen klub lantas bergerak cepat dengan membawa jasa dari Abdumuminov dengan durasi kontrak satu musim saja.

Menurut data dari Transfermarkt, Abdumuminov pemain yang berposisi sebagai gelandang tengah. Tetapi, ia juga bisa ditempatkan sebagai gelandang bertahan.

Dari data itu, terlihat Abdumuminov tidak lebih baik jika dibandingkan Rohit dari posisi bermain. Dikarenakan, Rohit tidak hanya piawai bermain sebagai gelandang tengah maupun bertahan, tetapi juga fasih ketika diperlukan tampil di bek tengah.

Walaupun di atas kertas tidak lebih baik, tentu masih terlalu cepat untuk menilai pantaskah Abdumuminov berseragam Persija. Sang pemain juga belum berlatih secara penuh bersama skuat karena masih kelelahan akibat perjalanan dari Uzbekistan.

“Ya belum tahu. Kami belum melihat permainan dia secara langsung. Dia kan baru joging-joging saja, jadi belum bisa dinilai,” kata asisten pelatih Persija yaitu Mustaqim, setelah selesai sesi latihan, pada Jumat (11/1/2019).

Sebelum bergabung bersama Persija, Abdumuminov membela klub asal Tajikistan yaitu FC Istiklol. Namun, pemain yang kini berusia 25 tahun itu ternyata lebih lama berkarier di negara asalnya bersama dengan beberapa klub seperti FK Mash’al (2010-2014), AGMK (2015), Metallurg Bekabad (2016-2017) dan juga Sogdiana (2018).

Abdumuminov berhasil dengan mengantarkan FK Mash’al meraih juara Liga Uzbekistan di kasta kedua pada 2013. Selain itu, dia juga membawa tim yang lahir pada 1984 itu menjuarai Piala Uzbekistan (2014).

Performa yang apik membuat Abdumuminov mendapatkan panggilan negara. Dia dipercaya bermain di berbagai rentang usia, yakni U-19 sebanyak enam penampilan, U-20 (2), U-23 (3), dan senior (2).

Akan tetapi, Jahongir Abdumuminov sudah lama vakum memperkuat timnasnya. Terakhir kali sang pemain dengan seragam Uzbekistan adalah ketika bersua Yordania, 15 Agustus 2012.