Tanggal Jam Pertandingan
Rabu, 17 April 2019 01:45 Brighton & Hove Albion vs Cardiff City
Kamis, 18 April 2019 00:00 Nantes vs Paris Saint-Germain
Kamis, 18 April 2019 00:00 Lazio vs Udinese

Direktorat Jenderal (Ditjen) Imigrasi mempertanyakan keputusan dari PSSI yang memperbolehkan pemain asing tanpa adanya Kartu Izin Tinggal Terbatas (KITAS) untuk tampil di ajang Piala Presiden 2019. Pemain asing yang izin kerjanya tengah bermasalah di turnamen pramusim tersebut, dapat terancam dengan dideportasi ke negara asalnya.

PSSI mengklaim jika pemain asing yang tampil di Piala Presiden2019 dapat memakai Visa Kunjungan Usaha (VKU) sebagai dokumen legal untuk berlaga. Ditjen Imigrasi pun berencana melakukan koordinasi dengan pihak dari PSSI agar polemik ini tidak meluas.

Ditjen Imigrasi hingga saat ini belum mendapatkan laporan dari masyarakat atau pun temuan dari petugas di lapangan terkait pemain asing yang tidak mempunyai KITAS. Ancamannya pun tidak main-main. Diusir dari Indonesia.

“Risiko terburuknya adalah ketika hasil pemeriksaan keluar, adanya dugaan pelanggaran tentu selaku negara hukum, kami harus mengambil tindakan. Tergantung hasil pemeriksaan, bisa kami deportasi. Bisa dilihat apakah ada pelanggaran lain tidak, selain keimigrasian,” ujar Kasubag Humas Ditjen Imigrasi yaitu Sam Fernando, pada Senin (4/3/2019).

“Kalau ada pidana (dilakukan pemain asing) bagaimana? Kami tidak bisa lihat dari satu sisi saja. Nanti hasil pemeriksaan itu yang ditekankan di sana, seperti apa,” imbuh Sam.

Apabila petugas Ditjen Imigrasi nantinya menemukan pelanggaran izin tinggal dan izin kerja yang dilakukan oleh pemain asing di laga itu, kata Sam, pihaknya akan lebih dulu melakukan penyelidikan. Klub yang menaungi pemain impor bersangkutan, agen, bahkan PSSI pun akan dimintai keterangan.

“Kalau ada laporan dari masyarakat, atau nanti petugas di lapangan menemukan adanya dugaan, tentu kami harus konfirmasi, tidak bisa serta-merta menangkap orang dan lain sebagainya, ini kannegara hukum, tentu kami akan lakukan prosedur itu dulu,” lanjutnya.

“Pemeriksaan, baik tenaga kerja asing atau yang bertanggung jawab, sponsornya siapa. Bisa klub, dimintai keterangan. Klub nanti menunggu arahan dari mana, ada arahan misal dari teman-teman dari atas (PSSI), nanti kami mintai keterangan dari (PSSI) ini datanya dari mana. Begitu prosedurnya,” jelasnya.

Di sisi lain, ajang Piala Presiden 2019 dimeriahkan oleh banyak pemain asing baru. Dikarenakan, hajatan ini dapat dijadikan setiap tim peserta untuk menguji kemampuan dari calon pemain asingnya sebelum resmi dikontrak untuk kompetisi yang sesungguhnya.

May 26, 2019
Klub sepakbola Juventus dipastikan tak akan dibela oleh pemain Cristiano Ronaldo...
May 26, 2019
Lionel Messi masih sulit untuk lupakan kekalahan yang mengecewakan dari klubnya,...
May 26, 2019
Penjaga gawang dari klub Liverpool, Alisson Becker ungkapkan benar-benar antusias...
May 26, 2019
Pemain belakang dari klub sepakbola Tottenham, Davinson Sanchez, memiliki cara...
May 26, 2019
Telah jadi rahasia umum jika pelatih Unai Emery tak akan puas dengan lini belakang...
May 24, 2019
Eks pelatih dari klub Manchester United, Jose Mourinho memiliki satu pesan khusus...
Tanggal Jam Liga Pertandingan Stasiun TV
Kamis, 11 April 2019 00:00 Serie A Lazio vs Udinese
Sabtu, 13 April 2019 00:30 SUPER LIGA Bursaspor vs Trabzonspor
Sabtu, 13 April 2019 01:00 Eredivisie NAC Breda vs Emmen