Tanggal Jam Pertandingan
Rabu, 17 April 2019 01:45 Brighton & Hove Albion vs Cardiff City
Kamis, 18 April 2019 00:00 Nantes vs Paris Saint-Germain
Kamis, 18 April 2019 00:00 Lazio vs Udinese

Striker asing Persebaya Surabaya yaitu Amido Balde, menjadi fenomena baru setelah berhasil mencetak 10 gol dari tiga laga yang sudah dijalani bersama Persebaya. Tetapi, kabar baru harus telah membuat striker yang berasal dari Guinea-Bissau itu terancam dengan tak bisa dimainkan di Liga 1 2019.

Penyebabnya, Amido tidak memenuhi syarat sebagai pemain asing untuk bermain di kasta tertinggi sepakbola Indonesia itu. Hal itu didasarkan pada regulasi Liga 1 2018. Seperti yang diketahui, striker yang berusia 27 tahun ini saat terakhir membela Al Nasr, klub kasta tertinggi di Libya pada musim 2018.

Sesuai regulasi yang ada, setiap pemain asing baru di Indonesia harus memenuhi kriteria tertentu terkait kompetisi yang telah mereka jalani sebelum bermain di Liga 1. Dari regulasi itu, hanya lima negara di Afrika yang termasuk, yaitu Tunisia, Mesir, Rep Demokratik Kongo, Aljazari, dan Sudan. Dan tidak ada Libya di dalamnya.

Pembahasan tambahan perihal pemain yang berkompetisi di Afrika kemudian dicantumkan dalam Pasal 29 ayat 4 dalam “Strata dan Verifikasi Pemain Asing”. Berikut bunyi ketentuan itu:

“Bagi Pemain asing dengan kewarganegaraan dari negara anggota Confederation of African Football (CAF) dan di musim kompetisi sebelum Liga 1 bermain di kompetisi negara anggota CAF yang tidak termasuk pada kriteria strata kompetisi klub asal yang diatur dalam ayat 1 Pasal ini dapat tetap diterima apabila Pemain asing bersangkutan bermain di tim nasional senior (level “A”) negara asalnya yang merupakan anggota CAF dan aktif di kompetisi senior (tim nasional) FIFA dan CAF selama 2 tahun terakhir dengan jumlah penampilan di tim nasional (caps) diatas 25 % dari total pertandingan resmi.”

Peluang Amido untuk tetap bergabung bersama Persebaya terbuka lewat caps bersama Timnas Guinea-Bissau. Namun, dia terakhir kali membela timnas dengan julukan Djurtus itu pada tahun 2015, bukan dua tahun terakhir sesuai regulasi yang sudah ditetapkan.

Pelatih Persebaya yaitu Djadjang Nurdjaman, sudah tahu jika Amido Balde akan menjadi bahan perbincangan setelah sukses mencetak 10 gol itu. Dia pun membeberkan manajemen Persebaya juga sudah mengetahui hal ini.

“Saya sudah berkoordinasi dengan manajemen, katanya aman. Saya tidak tahu pasti maksudnya aman bagaimana. Tapi, yang jelas saya optimistis Amido masih bisa didaftarkan ke Liga 1 nantinya,” kata pelatih yang biasa dipanggil dengan sebutan Djanur itu, pada Minggu (24/2/2019).

“Sebelum merekrut Amido, saya sebenarnya tidak sampai memperhatikan secara detail apakah dia akan lolos verifikasi. Kemungkinan akan ada perubahan regulasi. Saya belum tahu pastinya,” imbuh pelatih yang kini berusia 54 tahun itu.

Satu-satunya peluang untuk membuat Amido bisa bermain di Liga 1 adalah perubahan regulasi dari musim lalu ke musim ini. Operator liga bisa saja menambah Libya kedalam daftar kompetisi domestik di Afrika agar membuatnya bisa didaftarkan oleh Persebaya. Ataupun, menghapus regulasi tersebut.

May 26, 2019
Klub sepakbola Juventus dipastikan tak akan dibela oleh pemain Cristiano Ronaldo...
May 26, 2019
Lionel Messi masih sulit untuk lupakan kekalahan yang mengecewakan dari klubnya,...
May 26, 2019
Penjaga gawang dari klub Liverpool, Alisson Becker ungkapkan benar-benar antusias...
May 26, 2019
Pemain belakang dari klub sepakbola Tottenham, Davinson Sanchez, memiliki cara...
May 26, 2019
Telah jadi rahasia umum jika pelatih Unai Emery tak akan puas dengan lini belakang...
May 24, 2019
Eks pelatih dari klub Manchester United, Jose Mourinho memiliki satu pesan khusus...
Tanggal Jam Liga Pertandingan Stasiun TV
Kamis, 11 April 2019 00:00 Serie A Lazio vs Udinese
Sabtu, 13 April 2019 00:30 SUPER LIGA Bursaspor vs Trabzonspor
Sabtu, 13 April 2019 01:00 Eredivisie NAC Breda vs Emmen